Panduan Mengurus Buku Tabungan BRI Hilang Lengkap Terbaru 2020

By | 9 Mei 2020

Buku tabungan BRI merupakan salah satu fitur bank yang penting. Tapi ada kalanya buku tabungan mengalami masalah. Salah satunya adalah masalah hilangnya buku tabungan. Jika Anda sedang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir. Kali ini Mitraperbankan akan membahas mengenai cara mengurus buku tabungan bri hilang terbaru.

Bila buku tabungan hilang sendiri tentu saja harus segera kita atasi. Terutama bila tidak ingin ada data-data yang disalahgunakan sama orang lain. Tentu saja hal ini memang banyak terjadi, maka dari itu harus segera Anda atasi dengan baik. Lagian panduannya juga sangat mudah kok? Lalu bagaimana mengatasi buku tabungan hilang?

Apa Yang Dilakukan Jika Buku Tabungan BRI Hilang?

Perlu diketahui kalau Anda pertama sadar buku tabungannya hilang, maka jangan panik. Anda harus tahu cara pertama bagaimana bila buku tabungan bri hilang untuk jenis simpedes, bri syariah, dan lainnya dulu. Untuk mengatasinya yaitu dengan menghubungi customer service dulu. Selanjutnya, tinggal ikuti langkah berikut ini :

Melapor Ke Pihak Bank

gambar buku tabungan bri hilang customer service

Untuk mengurus buku tabungan bri hilang pertama yaitu dengan langsung menghubungi customer service BRI. Nantinya dalam tahapan ini akan langsung ada tahap pencegahan agar tidak disalahgunakan orang lain. Untuk tindak pencegahan ini yaitu berupa pemblokiran sistem pada rekening Anda.

Jadi buku tabungan Anda yang belum diproses kembali akan selalu aman. Tentu saja nanti Anda akan dituntun kembali membuat buku tabungan BRI yang baru. Saat akan membuat buku tabungan baru, jangan lupa menyiapkan srayat seperti surat keterangan dari polisi, identitas diri dan kartu ATM.

Melapor Ke Pihak Kepolisian

gambar jika buku tabungan bri hilang surat kehilangan polisi

Proses selanjutnya dalam syarat buku tabungan bri hilang selanjutnya yaitu menyiapkan surat kehilangan dari polisi. Untuk tahap ini sendiri tentunya harus mendatangi pihak kepolisian dulu. Disini setelah sampai di kantor kepolisian, maka selanjutnya katakan kalau mau membuat surat laporan.

Kantor kepolisian yang bisa Anda datangi pun tidak harus berasal dari daerah Anda tinggal. Anda bisa mendatangi kantor kepolisian terdekat di daerah Anda. Misalnya Anda tinggal di daerah Setiabudi, maka Anda bisa mendatangi kantor polisi di Setiabudi untuk membuar surat kehilangan.

Datang Ke Kantor Cabang BRI

gambar mengurus buku tabungan bri hilang kantor cabang bri

Jika Anda sudah menyiapkan semua syarat termasuk surat kehilangan dari polisi, Anda bisa segera datang ke kantor cabang BRI. Akan lebih baik apabila Anda mendatangi kantor cabang dimana Anda membuat buku tabungan yang hilang. Jangan di kantor cabang lain walaupun jaringannya offline.

Tentu saja disebabkan buku tabungan ini bakalan Anda pegang buat ditandatangangi sama si pejabat bank. Jadi harus datang menuju ke kantor cabang dimana Anda membuat rekening. Sebelum datang datang ke kantor cabang, usahakan cek dulu semua persyaratan saat masih di rumah. Jangan sesudah sampai.

Apabila Menabung di Kantor Cabang Kota Lain

gambar syarat buku tabungan bri hilang

Bagaimana jika Anda sedang berada di luar kota dimana Anda menabung? Sebenarnya untuk setiap bank berbeda-beda. Maka dari itu pas langkah pertama waktu Anda menghubungi customer service BRI, tanyakan dulu apakah bisa memproses buku rekening hilang apakah bisa di urus bukan di kantor cabang pembuatan rekening.

Kalau yang digunakan memang memakai sistem online, mungkin akan bisa dilakukan. Tapi ada juga beberapa bank yang tidak bisa memakai sistem ini. Kalaupun bisa, maka selanjutnya akan diproses dengan sangat cepat. Semua data sebelumnya akan dipindah ke buku rekening terbaru yang dibuat.

Baca Juga :

Proses Customer Service

Untuk proses apabila buku tabungan bri hilang setelah Anda datang ke kantor cabang adalah dengan mengambil antrean terlebih dahulu. Nantinya si customer service akan meminta Anda untuk mengisis formulir kalau buku tabungan Anda hilang. Pada formulir ini akan di tandatangi memakai materai Rp. 6.000.

Nantinya kalau Anda mengganti kartu ATM, maka akan dimintai membuat PIN baru untuk Anda gunakan. Ingat ya, PIN ini tentunya harus dirahasiakan dan jangan sampai ada orang lain yang tahu. Kalau semua proses telah berhasil, maka akan ada biaya pergantian yang harus Anda bayarkan.

Biaya ini sendiri tergantung sama jenis tabungan BRI Apa yang Anda gunakan. Misalnya kalau buku tabungan yang hilang adalah Britama, maka Anda akan dibebankan biaya Rp. 25.000. Untuk biaya ini sendiri bisa memakai saldo pada rekening Anda. Anda juga bisa saja membayar secara tunai langsung.

Proses di Teller

Setelah proses pada customer service, maka langkah selanjutnya kalau buku tabungan bri hilang adalah lewat teller. Teller akan memanggil And menuju ke Tunebank. Hal ini kalau Anda mau menambah saldo ataupun menarik dana. Anda disini juga akan dimintai tanda tangai pada buku tabungan.

Bagaimana, mudah bukan? Jika belum terlalu jelas, Anda bisa melihat video berikut :

Untuk proses pembuatan buku tabungan yang hilang ini tentu saja akan sangat mudah. Intinya kalau menyiapkan semua persyaratan dengan baik, maka langkahnya di jamin lancar. Itulah bahasan mengenai cara mengatasi buku tabungan Anda yang hilang dari Mitraperbankan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *