Perhitungan Suku Bunga Deposito Bank BRI Paling Tepat Terbaru 2020

By | 7 Januari 2020

Suku Bunga Deposito BRI – Selamat datang kembali di websit mitraperbankan. Disini pastinya kita akan membahas mengenai dunia perbankan beserta bisnis sejenis. Pada kesempatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai suku bunga deposito bri. Tentunya yang merupakan suku bunga deposito bank bri atau suku bunga deposito bri.

Suku bunga deposito bank bri ini adalah yang paling update saat ini. Di dalamnya juga akan meluputi suku bunga deposito bri syariah atau suku bunga deposito bank bri syariah. Dan untuk Anda yang belum tahu, apa itu suku bunga deposito bri. Maka akan saya bahas juga. Berikut ini pembahasan suku bunga deposito bri hari ini secara lengkap.

Perhitungan Suku Bunga Deposito Bank BRI

Perhitungan Suku Bunga Deposito Bank BRI

BRI telah mengeluarkan salah satu prouk perbankan yang tentunya memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih berbentuk investasi. Investasi ini sendiri  lebih minim resiko dibandingkan dengan berbagai jenis investasi lain, yaitu berupa deposito BRI.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, memang deposito menjadi pilihan masyarakat untuk menyimpan dana karena terbilang sangat aman dan memiliki beberapa manfaat. Apabila Anda telah berminat untuk mendepositokan sebagian dana yang telah Anda miliki ke bank BRI, maka berikut gambaran manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain adalah :

  • Anda dapat memilih jangka waktu dalam penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu 1 bulan, 3, 6, 12, 24 bulan, dan bahkan sampai 36 bulan.
  • Suku bunga deposito BRI juga sangat kompetitif tergantung dengan besar kecilnya dana yang didepositokan.
  • Bunga deposito dapat untuk ditransfer langsung ke rekening atau untuk menambah pokok deposito apabila ingin melakukan perpanjangan.
  • Dijamin aman dan juga tanpa resiko dibandingkan dengan berbagai jenis investasi lainnya.
  • Dapat dijadikan sebagai bahan penghasilan pasif melalui bunga yang akan diberikan sampai jangka waktu telah berakhir.

Kelebihan Deposito BRI

Kelebihan Deposito BRI

Sebelum Anda akan memutuskan untuk mendepositokan sebagian dana yang telah Anda punya, maka berikut saya paparkan beberapa kelebihan produk deposito Bank BRI ini yang bisa Anda baca sebagai bahan pertimbangan di bawah. Dengan begitu, maka Anda akan merasa yakin 100% untuk mendepositokan sejumlah dana Anda ke bank BRI.

1. Adanya fasilitas perpanjangan otomatis bagi Anda yang ingin untuk memperpanjang deposito Anda.

2. Pencairan deposito ini dapat dilakukan dengan 3 cara yang berbeda, antara lain yaitu :

  • Secara tunai
  • Dipindahbukukan langsung ke rekening lain di BRI
  • Ditransfer menuju ke rekening bank lain

3. Bunga deposito dapat untuk dinikmati dengan berbagai macam cara, antara lain yaitu :

  • Tunai
  • Dipindahbukukan ke rekening lain yang ada di BRI
  • Ditransfer menuju  ke rekening bank lain
  • Digunakan untuk menambah pokok deposito apabila Anda ingin memperpanjang deposito Anda
  • Kombinasi dari berbagai pilihan yang sudah disebutkan di atas

4. Suku bunga yang sangat kompetitif dan juga dihitung berdasarkan dari jumlah hari yang sesungguhnya.
5. Dapat dijadikan sebagai sebuah jaminan kredit. Bunga deposito tetap bisa untuk Anda nikmati sampai jangka deposito berakhir. (Anda juga bisa membaca mengenai kredit di artikel Simulasi KPR Bank BRI Terbaru)
6. Fasilitas transfer bunga yang bisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
7. Kantor cabang BRI tersebar sangat luas di berbagai daerah sehingga akan memudahkan anda untuk melakukan berbagai transaksi yang berkaitan dengan deposito. Misalnya saja seperti menambah pokok deposito

Bunga Deposito BRI

Bunga Deposito BRI

Besarnya bunga deposito BRI akan berbeda-beda tergantung dari besarnya dana yang telah didepositokan. Selain itu, untuk jangka waktu yang diambil juga sangat menentukan besarnya bunga deposito.

Semakin lama jangka waktunya, maka tentunys semakin besar pula bunga yang akan didapatkan nantinya. Lantas, sebenarnya berapa persen bunga deposito BRI? Untuk lebih jelasnya lagi, maka silahkan untuk menyimak penjelasan yang ada di bawah ini.

  • Apabila Anda memilih untuk tenor 1 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 4,25%.
  • Apabila Anda memilih tenor 3 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 6%.
  • Apabila Anda memilih tenor 6 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 5,75%.
  • Apabila Anda memilih tenor 12 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 5%.
  • Apabila Anda memilih tenor 24 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 4,75%.
  • Apabila Anda memilih tenor 36 bulan dengan dana deposito yaitu minimal Rp. 10.000.000, maka untuk suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 6,25%.

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Deposito BRI?

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Deposito BRI?

Agar Anda lebih lagi memahami bagaimana cara perhitungan bunganya, maka berikut saya sajikan juga contoh cara menghitung bunga deposito BRI. Tujuannya, tentu setelah Anda mempelajari simulasi bunga deposito BRI yang ada di bawah ini, maka Anda bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai mekanisme deposito di bank BRI.

Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai cara menghitung bunga desposito BRI, maka ada 3 hal yang harus diperhatikan di dalam proses menghitungnya, yaitu antara lain :

  • Jumlah setoran awal

Setiap bank pastinya mempunyai kebijakan masing-masing dalam hal menetapkan setoran awal minimal untuk melakukan deposito. Pada bank BRI, untuk besar setoran awal ditetapkan sebesar Rp .10.000.000 sama saja dengan bank Mandiri. (Kalau belum tahu mengenai setor tunai, baca aja artikel tentang Cara Setor Tunai Bank BRI Lewat ATM)

  • Tenor

Begitu pula dengan hal tenor, masing-masing bank pasti memiliki aturan tersendiri berapa jangka waktu yang akan bisa dipilih oleh deposan. Kalau di BRI, untuk batas maksimal tenor yang bisa dipilih antara lain adalah adalah 36 bulan atau setara dengan 3 tahun

  • Pajak

Setiap dana yang didepositokan pasti akan dikenakan pajak sesuai dengan Peraturan Menteri Keungan nomor: 26/PMK.010/2016 yang mengatur dengan secara hukum mengubah isi Keputusan Menteri Keuangan nomor 51/KMK.04/2001 mengenai Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) atas bunga deposito, tabungan, dan Diskonto Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Pada peraturan ini, telah ditetapkan bahwa :

  • Pajak 7,5% untuk bunga deposito dengan masa tenor 1 bulan.
  • Pajak 5% untuk bunga deposito dengan masa tenor 3 bulan.
  • Sedangkan tenor 6 bulan atau ke atas tidak akan dikenakan pajak.

Perhitungan Bunga Deposito BRI

Perhitungan Bunga Deposito BRI

Disini kita akan mengambol contoh. Robert memiliki dana sebesar 100 juta yang dia depositokan ke bank BRI. Lamanya tenor yang dipilih Robert adalah 3 bulan. Maka, berapakah bunga deposito BRI yang diperoleh Robert?

Cara untuk menghitung bunga deposito BRI Budi adalah sebagai berikut :

  • Besarnya jumlah setoran deposito Robert adalah sebesar 100 juta
  • Tenor yang dipilih adalah selama 3 bulan atau sama saja dengan 3/12 tahun
  • Suku bunga yang akan berlaku selama satu tahun disini adalah 6%

Maka, perhitungannya dengan menggunakan rumus

Jumlah bunga deposito = jumlah setoran deposito x besar suku bunga per tahun x tenor

Masukkan data yang ada di atas ke dalam rumus tersebut

Jumlah bunga deposito 3 bulan = 100 juta x 6% x 3/12 = 1.500.000

Maka, untuk bunga per bulan yang bisa didapatkan oleh Robert adalah 1.500.000 : 3 = 500.000

Sedangkan untuk bunga per hari yang bisa didapatkan oleh Robert adalah 500.000 : 30 = 16.700

Besarnya penghasilan yang didapatkan Robert di atas masih belum terpotong pajak. Sesuai dengan adanya ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, besarnya pajak yang harus dibayar oleh Robert dengan tenor 3 bulan adalah sebesar 5%. Maka perhitungannya akan menjadi :

Jumlah bunga selama 3 bulan x 5% = 1.500.000 x 5% = Rp. 75.000

à1.500.000 – 75.000 = Rp. 1.425.000

Maka untuk besar bunga per bulan yang diterima oleh Robert setelah dipotong pajak menjadi Rp. 475.000

Sedangkan untuk bunga per harinya adalah menjadi Rp. 15.833

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai suku bungan deposito bri. Semoga bermanfaat. Kalau ingin dapat pembahasan dunia perbankan lainnya, maka kunjungi saja website mitraperbankan. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *