Cara SMS Banking BNI (Mendaftar, Mengaktifkan, Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Dll) (Terbaru 2020)

By | 8 Januari 2020

Cara SMS Banking BNI – Halo World. Selamat datang kembali di website mitraperbankan. Seperti biasanya saya akan mengupdate pengetahuan Anda mengenai berbagai informasi paling menarik dunai perbankan. Kali ini akan ada pembahasan mengenai cara sms banking bank bni dan cara sms banking bni syariah.

Bagi Anda yang merupakan nasabah bni, wajib mengetahui cara sms banking bni telkomsel, cara menonaktifkan sms banking bni lewat atm, cara sms banking bni tanpa pulsa dsb. Untuk Anda yang sudah penasaran bagaimana cara daftar sms banking bni online, mengaktifkan maupun menggunakannya. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Apa Itu SMS Banking BNI?

Gambar Cara SMS Banking BNI (Mendaftar, Mengaktifkan, Cek Saldo, Transfer, Isi Pulsa, Dll) (Terbaru 2019)

Sms banking merupakan transaksi perbankan dengan melalui sms dengan hp yang dikirimkan dengan format perintah tertentu dan dikirimkan ke nomor tertentu yang sudah disesuaikan oleh masing-masing bank. Dan untuk sms banking bank BNI, nomor yang dituju yaitu adalah 3346.

Sedangkan format sms perintahnya, pada berikutnya akan saya membahas di bawah. Untuk saat ini kita bahas cara aktivasinya dulu, karena untuk bisa menikmati layanan sms banking, di bank manapun syarat wajibnya harus mendaftarkan nomor hp kita yang akan digunakan untuk sms banking, dan setelah itu baru diaktifkan.

Yup begitulah cara kerjanya. Selain sms-banking sebetulnya ada satu lagi layanan transaksi perbankan yang bisa diakses dengan hanphone loh, yaitu m-banking. Meskipun masyarakat awam banyak yang mengira sama, namun sebenarnya dua layanan ini sangat berbeda.

Persamaannya hanya sama-sama diakses dengan menggunakan handphone. Sedangkan untuk perbedaannya adalah kalau sms banking akan menggunakan metode sms yang diketik, tapi kalau m-banking menggunakan menu sim-card yang hanya tinggal klik-klik saja.

Coba Anda lihat pada ponsel Anda dan selanjutnya buka saja menu sim-cardnya. Kalau Anda menemukan tulisan m-banking seperti di atas, itu artinya Anda sedang membuka menu m-banking.

Baca Juga : Produk Bank BNI

SMS Banking Dan M Banking BNI

Gambar SMS Banking Dan M Banking BNI

Saat ini banyak aplikasi yang dapat di instal dan kemudian aplikasi tersebut langsung bisa digunakan untuk transaksi perbankan. Apakah aplikasi tersebut merupakan sms banking atau m-banking? Jawabannya tentu saja adalah tergantung.

Seandainya pada aplikasi itu pada akhir perintahnya yang kita klik ternyata adalah mengirim sms dan akan kena biaya sms, maka aplikasi tersebut memang sebenarnya adalah sms-banking.

Dan fungsi aplikasi tersebut memang hanya mempermudah kita supaya tidak mengetik format perintah. Namun bila aplikasi tersebut ternyata memang tidak mengirim sms, maka aplikasi tersebut merupakan aplikasi m-banking alias mobile banking. (Baca juga atikel Cara Daftar Mobile Banking BNI Dan Fitur Di Dalamnya Terbaru)

Kedua layanan tersebut dapat diperoleh kalau kita sudah mengaktifkan nomor hp kita. Saat ini bila orang daftar rekening tabungan baru, maka biasanya langsung ditawarkan untuk mengaktifkannya saat itu juga yaitu langsung di depan petugasnya.

Namun bila nomor hp Anda ternyata belum didaftarkan, tenang saja kita masih bisa mendaftarkannya lewat mesin ATM. (Tapi sepertinya untuk sms banking saja. M-bankingnya harus didaftarkan dengan mendatangi kantor cabang dan minta bantuan petugasnya).

Mendaftarkan nomor hp kita untuk sms-banking BNI lewat ATM pun pasti ada kekurangannya. Yaitu kita cuma bisa transaksi non finansial saja seperti cek saldo, informasi tagihan, mutasi rekening, dan mengubah nomor PIN sms banking serta fasilitas bantuan.

Sedangkan transaksi finansial seperti pembayaran tagihan maupun isi ulang pulsa, transfer dan lain sebagainya, baru kita bisa menikmatinya setelah nomor hp kita diaktifkan oleh pihak bank. Caranya, langsung datang ke kantor cabang terdekat dan disini tak perlu malu lagi untuk mengutarakan apa keinginan kita.

Jadi saran saya disini, walaupun kita dapat mendaftar sms banking BNI via mesin ATM, tapi akan jauh lebih tepat bila kita mendaftarnya dengan cara datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

Namun jika Anda tetap ingin mendaftarkannya via mesin ATM (mungkin malas ke kantor cabang, dan sms bankingnya hanya sekedar digunakan untuk keperluan cek saldo, informasi tagihan, mutasi rekening, dan mengubah nomor PIN sms banking serta fasilitas bantuan), baiklah saya akan memberikan tutorialnya dengan lengkap.

Cara Daftar SMS Banking Bank BNI Via ATM

Gambar Cara Daftar SMS Banking Bank BNI Via ATM

Untuk Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara daftarnya. Baik itu cara daftar sms banking bni lewat hp, cara daftar sms banking bni via pesan singkat, cara daftar sms banking bni secara online dan sebagainya. Yang memang tergolong mudah, apabila Anda benar-benar menyimak dan bisa menyiapkan segala persayaratannya dengan baik.

Untuk mendaftarkan nomor hp kita biar dapat untuk akses sms banking bank BNI dengan melalui mesin ATM, maka ikuti tahap-tahap berikut di bawah ini:

  • Syarat pertama tentu Anda harus sudah punya rekening tabungan di bank BNI dan kartu ATMnya.
  • Kemudian carilah mesin ATM BNI terdekat.
  • Masukan kartu ATM dan passwordnya seperti biasanya. Kemudian carilah menu “Registrasi e Channel”. Setelah diklik, pilih lagi menu “SMS banking BNI” kemudian masukan nomor hp yang akan digunakan untuk melakukan transaksi sms banking.
  • Setelah nomor hp dimasukan, maka biasanya Anda disuruh untuk membuat PIN baru untuk SMS banking. Ingat ya, PIN ini beda dengan PIN ATM. Meskipun sebenarnya bisa disamakan, tapi banyak yang menyarankankan untuk buat yang berbeda. Namun saran saya, hal itu terserah Anda hehe.
  • Setelah proses di atas telah selesai, maka mesin ATM akan mengeluarkan sebuah struk bukti registrasi ATM BNI. Telepone selular Anda juga akan mendapatkan sms sukses dari 3346 karena telah melakukan registrasi.
  • Semua proses selesai dan Anda sudah bisa mulai untuk mencobanya dengan mengetik beberapa format perintahnya. Format-format perintah tersebut dapat Anda lihat di bawah.

Cara Aktifkan SMS Banking BNI

Gambar Cara Aktifkan SMS Banking BNI

Untuk cara aktifkan sms banking bni lewat hp, cara registrasi sms banking bni, cara mengaktifkan sms banking bni yang terblokir dan lainnya ini juga penting. Maka dari itu, simak juga baik-baik.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, daftar sms banking via mesin ATM hasilnya hanya bisa digunakan untuk transaksi non-finansial. Untuk dapat menikmati semua layanan yang biasa dilakukan pada berbagai layanan sms-banking, maka Anda harus mengaktifkannya di kantor cabang BNI terdekat dengan melengkapi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Datang ke kantor cabang BNI sambil membawa kartu identitas bisa berupa KTP, paspor, maupun SIM.
  • Bukti bahwa Anda memiliki rekening. Biasanya dengan cara membawa buku tabungan BNI serta membawa kartu ATM nya.
  • Nanti di sana Anda akan dibantu mengaktifkannya. Bahkan kalau sudah selesai, mungkin Anda akan dibantu untuk mencobanya sambil dipandu oleh petugasnya. Saran saya sebelumnya Anda akan masuk kantor bank, isi pulsa dulu nomor hp Anda agar nanti gak malu. Soalnya sms banking per sms akan kena biaya pulsa yang memang lumayan mahal 500 – 1.000. Saya sendiri sebenarnya lebih suka internet banking. Asal kita sudah memiliki koneksi internet, maka selanjutnya tidak akan kena potongan pulsa lagi. Lebih hemat kalau menurut saya.

Cara Cek Saldo,Transfer, Isi Pulsa, PLN, Dll Terbaru

Gambar Cara Cek Saldo,Transfer, Isi Pulsa, PLN, Dll Terbaru 2019

Untuk cara transfer via sms banking bni, cara menggunakan sms banking bni di android, cek saldo, sisi pulsa dan lain sebagainya yaitu:

Kode Format Perintah SMS banking BNI

Cek Saldo :

Format sms-nya yaitu ketik:
SAL kemudian kirim ke 3346. Selanjutnya ikuti perintah yang ada di sms balasan.

Melihat transaksi terakhir :

Format sms-nya yaitu ketik,
HST kirim ke 3346

Isi Ulang Pulsa :

Format sms-nya yaitu ketik,
TOP<spasi>NO.HP<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
Contoh: TOP 08132324554 25000 ( nominal pulsa minimal 25.000 lalu kelipatannya ditulis tanpa titik )

Isi Ulang PLN Prabayar :

Format sms-nya yaitu harus diketik,
TOP<spasi>PLN<spasi>ID PELANGGAN atau NO.METER<spasi>NOMINAL
Contoh: TOP PLN 987654321 50000

Transfer Uang Sesama BNI :

Format sms-nya yaitu ketik,
TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
Contoh: TRF 0987654321 100000 ( nominal uang juga akan ditulis tanpa titik )

Transfer Uang ke Selain bank BNI : Untuk Untuk cara sms banking bni ke bri, sms banking bni ke bca, sms banking bni antar bank, sms banking dari bni ke bri, sms banking dari bni ke mandiri dan berbagai bank lainnya adalah :

Format sms-nya ketik,

TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL kirim ke 3346
Contoh: TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000
( 002 adalah kode BRI, 012345678912345 adalah nomor rekening. 100000 merupakan nominal uang yaitu Rp.100.000,00). Untuk mengetahui kode bank, maka silakan baca: Daftar Kode Bank BNI, BCA, MANDIRI, BRI Semua  Indonesia Terbaru.

Untuk transfer yang disertai berita, maka tinggal tambahkan saja isi berita dengan diapit tanda #. Contoh:
TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>#Berita# kirim ke 3346
TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>## kirim ke 3346

Untuk transfer disertai notifikasi, tambahkan untuk nomor telepon penerima yaitu sebelum tanda #. Contoh:
TRF<spasi>NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>NO.HP PENERIMA<spasi>#Berita# lalu kirim ke 3346
TRF<spasi>ANTARBANK<spasi>KODEBANK+NO.REKENING<spasi>NOMINAL<spasi>NO.TELP PENERIMA<spasi>## kirim ke 3346

Bayar PLN Pascabayar :

Format sms-nya yaitu ketik: PAY<spasi>PLN<spasi>NO.PELANGGAN
Contoh: PAY PLN 123456789

Untuk Bantuan :

Format sms-nya yaitu ketik: HELP kirim ke 3346

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai cara sms banking bni dalam website mitraperbankan. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *