Cara SMS Banking BRI, Cara Transaksi Dan Pendaftaran Paling Mudah Dan Cepat Terbaru 2020

By | 4 Januari 2020

Cara SMS Banking BRI – Hai, selamat datang kembali di website mitraperbankan. Disini seperti biasanya akan membahas mengenai berbagai hal atau tutorial yang berhubungan dengan dunia perbankan dan bisnis sejenis lainnya. Dan dalam kesemoatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai cara sms Banking BRI.

Tentunya di dalam SMS Banking BRI ini juga pastinya akan memiliki berbagai macam kelebihan serta kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan nantinya apakah akan menggunakannya atau tidak. Akan tetapi saat ini memang ada banyak sekali nasabah yang sudah menggunakannya karena banyak sekali kemudahan.

SMS Banking BRI

SMS Banking BRI

Selain BRI Mobile Banking, saat ini BRI juga memberikan fitur layanan SMS banking. Nasabah BRI disini juga bisa melakukan pendaftaran serta aktivasi layanan SMS banking, yaitu dengan cara datang langsung ke kantor cabang BRI paling terdekat ataupun dengan aktivasi melalui ATM BRI.

Jika datang langsung ke Kantor Cabang BRI, maka Anda tinggal menyampaikan langsung ke customer service biar dibantu untuk proses pendaftaran ini dengan cara melengkapi berbagai persyaratan yang diminta. Bagi nasabah yang sibuk atau pun tidak suka antre panjang di bank, maka bisa mendaftar melalui ATM adalah pilihan terbaik.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan proses sms banking BRI. Dan akan ada juga cara daftar sms banking bri simpedes dan juga cara daftar sms banking bri syariah lewat hp yang mudah.

Proses Pendaftaran SMS Banking BRI

Proses Pendaftaran SMS Banking BRI

Proses pendaftaran SMS Banking BRI atau cara transfer sms banking bri ini bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI, bukan dengan cara daftar sms banking bri lewat hp. Berikut ini adalah proses lengkapnya :

Pendaftaran Melalui Unit Kerja BRI

Registrasi SMS Banking yang ada di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP, KK, dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang sifatnya finansial. Misalnya saja eperti Transfer Antar rekening, Pembelian Pulsa, dan lain sebagainya.

Dengan cukup mengisikan formulir aplikasi untuk permohonan Registrasi SMS Banking atau cara registrasi sms banking bri dan juga melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku serta fotokopi kartu ATM BRI.

Pendaftaran Melalui ATM

Mendaftar SMS Banking BRI dengan esin ATM sangat mudah dan juga praktis dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini :

  • Masukanlah ATM Anda ke mesin ATM diikuti dengan PIN/password ATM Anda.
  • Selanjutnya akan segera muncul menu utama, disini pilih menu Transaksi Lain.
  • Kemudian Anda pilih menu Registrasi.
  • Akan muncul menu SMS Banking, lalu pilih menu tersebut.
  • Anda selanjutnya akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. Untuk PIN tersebut boleh di bedakan dengan PIN ATM.
  • Pilih PIN yang mudah untuk dihafal (sebaiknya hindari dengan penggunaan tanggal lahir dan lain sejenisnya karena mudah sekali di tebak).
  • Setelah selesai, maka akan keluar struk berisi informasi bahwa Anda telah berhasil mendaftar.

Jika nantinya ada kendala, Anda bisa langsung menghubungi call center BRI. Selain itu, di call center ini Anda juga bisa meminta bantuan kalau bingun bagaimana cara menonaktifkan sms banking bri, cara mengganti nomor sms banking bri via atm, cara ngecek sms banking bri dan berbagai macam cara lainnya.

Layanan Dan Keunggulan SMS Banking BRI

Layanan Dan Keunggulan SMS Banking BRI

Dalam memberikan layanan yang terbaik bagi nasabahnya, BRI telah memberikan dua jenis layanan, yaitu:

Layanan BRI yang berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang di dalamnya menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.

Layanan plain text, yaitu sebuah layanan SMS Banking dengan cara mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan langsung ke nomor 3300.

Jenis layanan yang bisa dilakukan dengan SMS Banking BRI

Sebagai nasabah, Anda disini bisa mendapatkan fasilitas berikut ini setelah Anda mengaktifkan SMS Banking BRI.

  • Layanan informasi saldo dan juga SMS info.
  • Layanan pembayaran tagihan dari PLN, Telkom, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, Kartu Halo, Matrix, Pembayaran DPLK, Pembayaran Infaq YBM BRI, Pembayaran Zakat YBM BRI dan Pembayaran Tagihan Citibank.
  • Layanan transfer sesama BRI ataupun Rekening Tujuan Transfer bank lain, Transfer Antarrekening BRI, dan juga Transfer Antarbank.
  • SMS Prepaid serta pembelian pulsa isi ulang (Baik itu Simpati/AS, Mentari, XL, IM3 SMART atau Axis).

Cara Transaksi SMS Banking BRI

Untuk memudahkan para nasabah yang ingin menggunakan layanan ini, maka berikut ini adalah cara menggunakan layanan SMS Banking BRI tersebut:

Cara Transaksi SMS Banking BRI

Bagi Anda yang saat ini masih baru menggunakan layanan SMS banking BRI pastinya nantinya bisa saja akan terkendala dengan cara menggunakannya. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa cara bertransaksi seperti bagaimana untuk cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan lain sebagainya.

Cara Transfer SMS Banking BRI

Cara Transfer SMS Banking BRI

Trasfer ke sesama rekening BRI

TRANSFER<spasi>BRI(nomor rekening BRI tujuan Anda)<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

Contoh format SMSnya adalah : TRANSFER BRI123451234567890 1000.000 654321

Kirim SMS ke: 3300

Transfer ke Bank lain

Cara berikut ini bisa digunakan sebagai cara sms banking bri ke bni, cara sms banking bri ke mandiri, cara sms banking bri ke bca dan lain sebagainya.

TRANSFER<spasi>KODE Bank Tujuan Anda+Nomor Rekening Tujuan<spasi>NOMINAL<spasi>PIN

Contoh format SMS adalah : TRANSFER 008987654321 1000.000 654321

Kirim SMS langsung ke: 3300

Note : 008 disini adalah kode Bank Mandiri karena kita akan melakukan transfer ke bank Mandiri. Untuk kode bank lain, maka Anda bisa lihat semua daftar Kode bank BRI ATM bersama di Indonesia yang digunakan untuk transfer.

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

SALDO<Spasi>PIN

Contoh format SMSnya adalah : SALDO 654321

Kirim ke: 3300

Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI

BELI<spasi>PLNPRE<spasi>NOMOR id PLN<spasi>NOMINAL TOKEN<spasi>PIN

Contoh format SMS adalah : BELI PLNPRE 0140087654321 500000 654321

Kirim ke: 3300

SMS Banking BRI Isi Pulsa Ponsel

PULSA<spasi>Nomor HP<spasi>NOMINAL PULSA <spasi>PIN

Contoh format SMS: PULSA 082243382605 100 123456 (untuk nominal pulsa Rp. 100.000)

Kirim ke: 3300

Kelebihan Dan Kekurangan SMS Banking BRI

Kelebihan Dan Kekurangan SMS Banking BRI

Sama seperti layanan pada bank lain, pada dasarnya untuk SMS banking juga memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangan. Apa sajakah keunggulan dan kekurangan yang dimaksud? Berikut ini adalah penjabarannya.

Kelebihan :

  • Dengan menggunakan sms banking ini, maka nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan lebih mudah dan praktis di mana pun ia sedang berada.
  • Jika dilihat dari sisi keamanan sendiri, transaksi keuangan dengan menggunakan sms banking ini akan lebih terjaga karena data-data bisa dengan sangat mudah dihapus. Selain itu transaksi ini sangat bebas gangguan eksternal seperti mati listrik serta koneksi internet.

Kekurangan :

  • Kurang fleksibel karena terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan sehingga nantinya tak bisa membuat transaksi keuangan yang lebih banyak dalam satu waktu sekaligus.
  • Relatif akan sedikit lebih mahal saat pemakaian sms banking. Hal ini bisa terjadi karena terkadang ada tambahan berupa transaksi. Misalnya saja biaya transfer BRI ke BCA, biaya transfer BRI ke BNI, biaya transfer BRI ke Mandiri atau administrasi lainnya untuk berbagai transaksi-transaksi tertentu. Pengenaan tarif biasanya hanya sekitar Rp500,- saja. Maka dari itu, tidak ada cara sms banking bri gratis.

Resiko SMS Banking

Resiko SMS Banking

Itulah beberapa keuntungan dan juga kekurangan yang dasarnya memang dimiiki oleh SMS banking. Sebagai tambahan lagi, sebenarnya risiko penyadapan dan juga data terekam dari SMS Banking ini cukup membuat penggguna was was.

Misalnya saja untuk PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih saja tersimpan dalam kotak keluar SMS atau pun sms outbox. Sehingga nantinya apabila ada orang yang meminjam handphone Anda, bisa saja menemukan atau melihat PIN yang tidanya sudah pernah digunakan tersebut.

Bayangkan saja apabila seandainya handphone Anda hilang dan ternyata masih ada disana history send message-nya. Maka PIN untuk SMS Banking milik Anda juga bisa diketahui oleh orang lain.

Kecanggihan teknologi akan membuat beberapa operator mempunyai metode yang bisa digunakan secara khusus untuk menyadap SMS. Misalnya saja adanya fasilitas forward dan copy SMS.

Fitur ini akan memberi kemudahan bagi setiap kali orang yang melakukan pengiriman SMS, maka untuk pesan yang dikirimkan juga akan bisa dikirimkan pada nomor orang lain.

Selain itu sebenarnya ada beberapa pengalaman dari pengguna yang sedikit akan mengkhawatirkan, yaitu saat kita menggunakan sms banking ini dan ternyata tidak adanya respon sama sekali ketika kita telah memberikan perintah SMS Banking.

Beberapa pengguna sendiri merasa cukup sering mengalami situasi yang telah digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada 2 kemungkinan yang terjadi ketik hal tersebut terjadi, yaitu transaksi berhasil atau gagal. Untuk tahu transaksi tersebut gagal ataupun berhasil, maka Anda harus menghubungi call center dari bank terkait.

Namun masalahnya disini, biasanya pengguna sms banking malah akan menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja untuk mengulang transaksi meski belum tahu kalau transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan memberikan risiko untuk terjadi dobel bayar? Nah, di sini adalah letak masalah terbesar itu muncul.

Terakhir, ada lagi sedikit hal yang akan membuat transaski sms banking dianggap menjadi kurang praktis, yaitu ketika nasabah disini harus menghafalkan setiap kode yang dibutuhkan saat akan melakukan masing-masing transaksi.

Di mana, setiap transaksi yang akan dilakukan menggunakan kode yang sangat berbeda, oleh karena itu jika nasabah ini lupa nomor kode yang dibutuhkan, maka ia tak akan bisa melakukan transaksi.

Jadi, Mana Yang Terbaik Antara Internet Banking Atau SMS Banking BRI?

Jadi, Mana Yang Terbaik Antara Internet Banking Atau SMS Banking BRI?

Lalu sebaiknya kita disini mesti menggunakan layanan yang mana, apakah sms atau internet banking BRI? Menurut saya sih sesuaikan saja dengan kondisi.

Jika untuk pengiriman dan juga pembayaran, maka sebaiknya Anda menggunakan SMS Banking, karena akan lebih aman. Anda juga bisa segera untuk menghapus pesan terkirim untuk menghindari adanya akses dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan PIN yang telah diketahui oleh mereka.

Kelebihan lainnya yaitu aman dari segala masalah gangguan listrik, gagal koneksi, dan lain sebagainya. Namun ada juga sedikit tambahan proses, yaitu ketika sudah melakukan aktivitas finansial.

Tapi belum menerima SMS balasan ini, coba untuk cek saldo lewat Internet Banking. Hal iniuntuk memastikan sudah terkirim atau belum selama Anda menunggu SMS balasan.

Tidak cuma hal itu saja, sms banking ini juga akan memberikan biaya akses yang sedikit lebih mahal dari pada dengan biaya administrasi BRI layanan Internet Banking. Oleh karena itu, maka pilih saja operator yang memiliki tarif murah.

Nasabah yang memiliki smartphone bisa juga menggunakan kedua fitur baik SMS Banking ataupun Internet Banking. Saat Anda tidak terhubung dengan koneksi internet, maka Anda bisa melakukan transaksi dengan SMS.

Begitu pula sebaliknya, Anda disini bisa mencari koneksi internet gratis. Misalnya saja seperti wifi ketika Anda sedang tidak memiliki pulsa. Tapi dengan terdaftar di kedua fitur tersebut, maka Anda juga harus lebih berhati-hati lagi dalam bertransaksi.

Keamanan dalam menggunakan kedua fitur ini juga harus selalu diperhatikan. Agar nantinya tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Video Transaksi SMS Banking BRI

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan dalam kesempatan kali ini mengenai cara SMS Banking BRI. Semoga bisa bermanfaat.

Selanjutnya apabila Anda ingin mendapatkan berbagai macam pembahasan lainnya, makan bisa langsung mengunjungi website mitraperbankan. Karena disini di jamin paling lengkap. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *