Simulasi KPR BRI Sebelum Menyicil Rumah Agar Bebas Biaya Cicilan Terbaru 2020

By | 4 Januari 2020

Simulasi KPR BRI – Selamat datang kembali di website mitraperbankan. Seperti biasanya kita akan membahas berbagai hal yang berhubungan dengan dunia perbankan beserta bisnis sejenisnya. Dan dalam kesempatan kali ini, ada pembahasan menarik tentang simulasi kpr bri, simulasi kpr bri syariah, simulasi kredit kpr bri dan lainnya.

Untuk kpr bri simulasi atau simulasi kpr bank bri beserta kpr bri syariah simulasi atau bri syariah kpr simulasi setiap tahunnya mungkin akan berubah-ubah. baik itu dari segi persyaratan maupun regulasi lainnya. BRI kpr simulasi sendiri tentu akan sangat menguntungkan bagi para nasabah yang ingin menggunakan simulasi cicilan kpr bri ini.

Simulasi KPR BRI

Simulasi KPR BRI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau biasa juga disebut BRI adalah bank milik pemerintah yang sudah berdiri sejak tahun 1946 dan telah memiliki kantor cabang yang juga tersebar merata di seluruh penjuru Indonesia.

Kepopuleran BRI ini tak lepas dari berbagai macam produk Bank BRI terbaik, misalnya saja produk pinjamannya yang banyak sekali diminati masyarakat. Mulai dari kredit tanpa agunan, kredit kendaraan bermotor, kredit multiguna, serta kredit pemilikan rumah atau yang biasa kita kenal juga dengan nama KPR.

KPR BRI juga memberikan banyak sekali keuntungan kepada para nasabah peminjamnya, disini mulai dari bunga yang sangat rendah sampai terjangkau oleh semua kalangan, uang muka yang sangat ringan karena minimum hanya 10%, untuk masa tenor yang diberikan yaitu bisa mencapai 20 tahun.

Dan pastinya plafon pinjaman yang bisa mencapai Rp5 miliar. Dengan berbagai keuntungan yang diberikan tersebut, maka sudah pasti kita akan tertarik untuk mengajukan KPR BRI. Selain itu, untuk Anda para nasabah BRI Syariah, ada juga simulasi kpr bank bri syariah.

Dan untuk simulasi kpr bri syariah 2018, simulasi kpr bri syariah 2019 sampai sekarang di tahun 2020 mungkin saja akan berbeda. Maka dai itu, untuk Anda yang akan melakukan simulasi jpr BRI ini, tidak ada salahnya membaca artikel ini sampai selesai. (Selanjutnya Anda juga bisa membaca artikel cara mengambil uang ATM BRI Terbaru)

Jenis pinjaman kredit pemilikan rumah BRI

KPR BRI juga ternyata tidak memiliki satu jenis saja, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuanga Anda, yaitu :

1. KPR BRI

KPR BRI

Jenis yang pertama disini adalah KPR BRI biasa yang memberikan solusi supaya Anda bisa memiliki hunian rumah tinggal.

Tidak hanya diperuntukkan untuk rumah tinggal saja, akan tetapi KPR BRI juga bisa untuk digunakan sebagai pembiayaan apartemen, condotel, ruko (rumah toko), sampai dengan rukan (rumah kantor).

Kelebihan lainnya dari KPR BRI ini adalah bisa untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, sampai dengan take over dari bank lainnya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan asuransi jiwa kredit serta untuk asuransi kerugian akibat bencana alam ataupun kebakaran.

2. KPRS BRI

KPRS BRI

Jenis yang kedua disini adalah KPRS BRI atau KPR Subsidi dari Bank BRI. Sesuai dengan namanya, untuk KPRS BRI ini pastinya akan memberikan pinjaman yang di dalamnya pasti sudah ada subsidi dari pemerintah sehingga untuk bunga cicilan jadi lebih murah.

Suku bunga yang digunakan untuk KPRS BRI disini adalah suku bunga efektif 5% per tahun sampai dengan kredit cicilan lunas. Selain itu, untuk kelebihan lain dari KPRS BRI adalah pada nominal angsuran bisa dimulai dari Rp900 ribuan dan juga bebas pada biaya PPN serta premi asuransi. (Baca juga Suku Bunga Deposito Bank BRI Terbaru)

Kekurangan dari KPRS BRI adalah pada kredit pemilikan rumah ini hanya diperuntukkan untuk sebuah pembelian rumah pertama saja atau yang belum pernah menerima subsidi perumahan sebelumnya.

Rumah yang Anda beli juga haruslah rumah yang dijual oleh developer rekanan BRI dulu dan rumah untuk dihuni sendiri alias tidak boleh untuk disewakan, dikontrakkan, maupun dijual.

Syarat dan dokumen untuk mengajukan KPR BRI

Syarat dan dokumen untuk mengajukan KPR BRI

Sebelum mengajukan KPR BRI, Anda harus melengkapi syarat dan dokumen yang dibutuhkan. Berikut ini adalah syarat dan dokumen yang perlu Anda penuhi, diantaranya yaitu :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki rekening BRItama terlebih dahulu
  • Berusia minimal 21 tahun maupun sudah menikah
  • Lokasi domisili yang berada dijangkauan dari kantor cabang Bank BRI
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu keluarga)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Pas foto terbaru yaitu dengan ukuran 3×4 cm milikmu dan juga pasangan (suami/istri)
  • Slip gaji asli ataupun surat keterangan penghasilan

Khusus untuk jenis KPRS BRI, maka ada tambahan syarat dan dokumen lain yang perlu Anda penuhi, yaitu :

  • Minimal penghasilan sampai Rp 4 juta per bulan
  • Fotokopi SK terakhir untuk pegawai tetap
  • Surat keterangan untuk rekomendasi dari perusahaan
  • Membuat surat permohonan

Ikuti langkah mudah dalam melakukan simulasi KPR BRI

Ikuti langkah mudah dalam melakukan simulasi KPR BRI

Untuk dapat melakukan simulasi KPR BRI, maka Anda harus terlebih dahulu membuat contoh kasus. Ibaratnya, Anda akan membeli rumah dengan harga jual yaitu sebesar Rp500 juta.

Sesuai dengan ketetapan KPR BRI, maka uang muka yang diberikan disini adalah 10% dan masa tenor yang akan Anda ambil adalah masa tenor maksimal 20 tahun.

Untuk bunganya, maka kita akan mengambil bunga KPRS BRI dengan menggunakan bunga efektif 5%. Sekarang mari kita akan lakukan perhitungan simulasi KPR BRI bersama.

  • Menghitung uang muka

Rp500 juta (harga jual dari rumah) x 10% = Rp50 juta

  • Menghitung jumlah plafon pinjaman yaitu kepada Bank BRI

Rp500 juta (harga jual rumah) – Rp50 juta (jumlah uang muka) = Rp450 juta

  • Menghitung berapa jumlah cicilan pokok tetap per bulan

Rp450 juta (plafon pinjaman) : 240 bulan (20 tahun untuk masa tenor) = Rp1,875 juta

  • Menghitung berapa bunga yang dikenakan per bulan

Rp450 juta (plafon pinjaman) x 5% (yaitu bunga pertahun) : 12 bulan = Rp1,875 juta

  • Menghitung berapa total angsuran cicilan per bulan

Rp1,875 juta (cicilan pokok per bulan) + Rp1,875 juta (yaitu bunga per bulan) = Rp3,75 juta

Jika Anda merasa keberatan dengan angsuran cicilan per bulan yaitu sebesar Rp3,75 juta, maka Anda bisa menambahkan uang mukanya menjadi sebesar 20%.

Dengan begitu, maka plafon pinjaman lalu akan berubah dan untuk otomatis nominal angsuran cicilan per bulan juga ikut berubah. Coba sekarang kita sekarang melakukan perhitungan ulang dengan menggunakan uang muka 20%.

  • Menghitung uang muka

Rp500 juta (disini harga jual rumah) x 20% = Rp100 juta

  • Menghitung berapa plafon pinjaman kepada Bank BRI

Rp500 juta (yauty harga jual rumah) – Rp100 juta (jumlah uang muka) = Rp400 juta

  • Menghitung jumlah cicilan pokok tetap per bulan

Rp400 juta (plafon pinjaman) : 240 bulan (20 tahun masa tenor) = Rp1,67 juta

  • Menghitung jumlah bunga yang dikenakan per bulan

Rp400 juta (plafon pinjaman) x 5% (yaitu bunga pertahun) : 12 bulan = Rp1,67 juta

  • Menghitung berapa total angsuran cicilan per bulan

Rp1,67 juta (untuk cicilan pokok per bulan) + Rp1,67 juta (yaitu bunga per bulan) = Rp3,3 juta

Sekarang Anda bisa melihat perbedaan nominalnya bukan? Inilah yang telah menjadi alasan utama kenapa disini Anda wajib melakukan simulasi KPR BRI.

Ada perbedaan selisih pada angsuran cicilan per bulan sampai Rp450 ribu. Jadi, kalau Anda ingin angsuran cicilan per bulan lebih ringan, maka perbesar nominal uang muka yang akan Anda berikan.

Cicilan KPR BRI sudah lunas, maka benahi tampilan rumah jadi lebih bagus

Cicilan KPR BRI sudah lunas, maka benahi tampilan rumah jadi lebih bagus

Setelah berhasil melunasi cicilan KPR BRI, maka pastinya sertifikat rumah akan diberikan oleh Bank BRI kepada Anda. Sertifikat rumah ini dapat Anda pergunakan untuk mengajukan kredit multiguna yang dananya dapat untuk membenahi hunian rumah baru Anda.

Jika tadinya Anda membayar cicilan KPR BRI setiap bulannya, maka kini dananya bisa Anda alihkan untuk membenahi rumah. Kenapa rumah hasil KPR ini memang harus segera dibenahi?

Kebanyakan rumah KPR ini memiliki tampilan desain yang tidak jauh berbeda dan juga masih terdapat banyak kekurangan seperti yaitu tidak adanya pagar, atap garasi, sampai dengan kitchen set yang layak untuk memasak.

Jika Anda menunda-nunda untuk membenahi rumah setelah cicilan KPR BRI lunas, maka untuk bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membenahi rumah akan menjadi semakin mahal.

Oleh karena itu, maka lebih baik segera lakukan renovasi supaya Anda yang tinggal di dalamnya akan merasa lebih nyaman lagi.

Kredit multiguna adalah kredit dengan agunan atau jaminan yang dapat memberikan Anda pinjaman untuk merenovasi hunian tempat tinggal Anda.

Maksimum dana pinjaman yang bisa Anda ajukan adalah 80% dari nilai jual rumah. Jadi disini misalkan saja harga jual rumahmu Rp500 juta, maka untuk dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan adalah Rp400 juta.

Untuk cara mengajukannya kredit multiguna ini dapat melalui berbagai macam situs fintech yang aman karena memang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai simulasi kpr bri. Semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin mendapatkan berbagai pembahasan lain mengenai dunia perbankan selain pembahasan simulasi kpr bri ini. Maka langsung saja mengunjungi website merenovasi. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *